A Framework For Exploring Organizational Structure In Dynamic Social Networks
STRUKTUR
ORGANISASI DALAM SOCIAL NETWORKS
Social
Networks adalah bentuk dari
layanan internet yang diperuntukan bagi komunitas online yang memiliki berbagai
macam kesamaan dalam aktivitas, minat atau ketertarikan pada bidang tertentu
dan kesamaan pada latar belakang tertentu. Untuk melihat social networks dapat menggunakan salah satu metode yang populer
yakni SNA (Social Network Analysis).
Umumnya social networks terdiri dari
satu hingga beberapa komunitas yang saling berbagi beberapa informasi seperti
properti umum, hobi, fungsi sosial, topik diskusi, hingga masalah-masalah atau
tugas yang sedang berlangsung. Saat ini social
networks telah berubah dan berkembang di dunia nyata dimana, anggota baru
dapat bergabung dengan jaringan dan anggota yang ada dapat keluar dari jaringan
serta asosiasi di antara anggota yang terus berubah dari waktu ke waktu.
Komunitas yang terdiri dari kelompok
individu, Hubungan sosial yang dibangun oleh tiap-tiap individu dan status
ekonomi yang terhubung di dalamnya menjadi terikat dan membentuk struktur
hubungan dalam suatu kelompok atau komunitas. Hubungan atau interaksi sosial
sering dimodelkan dengan jaringan. Karakteristik kunci dari interaksi ini
adalah perubahannya yang continue
atas dasar waktu.
Hubungan yang terbentuk dan terikat
tersebut membentuk sebuah kelompok atau komunitas atau organisasi yang di
dalamnya terdapat struktur organisasi. Dalam struktur organisasi sebagai suatu
garis hierarki dapat mendeskripsikan berbagai komponen yang tersusun, dimana
setiap individu atau sumber daya manusia (SDM) pada lingkupanya memiliki posisi
dan fungsinya masing-masing.
Namun struktur organisasi turunan dari social networks tidak serta merta
memetakan organisasi dunia nyata dengan baik. Sejauh mana hubungan yang dapat
dipetakan ke struktur organisasi dunia nyata tidak dapat dikatakan dengan
tepat. Struktur organisasi yang berasal dari
social networks dapat
menggambarkan unit (komunitas) dan subordinasi anggota di social networks. Misalnya, dalam struktur organisasi yang berasal
dari jaringan komunikasi, suatu unit menunjukkan bahwa semakin sering terjadi
komunikasi di antara para anggota dalam unit tersebut. Saat anggota ditunjuk
sebagai pemimpin dalam sebuah unit, ini memperlihatkan bahwa anggota tersebut
adalah pemimpin dalam organisasi dunia nyata atau anggota aktif untuk beberapa pemimpin
dunia nyata. Seorang pemimpin di unit adalah anggota yang paling menarik
perhatian lingkaran pertemanan. Hubungan subordinasi menunjukan bahwa kontak
terdekat bawahan adalah pimpinan langsungnya.
IMPLEMENTASI STRUKTUR ORGANIASI SOCIAL NETWORKS TERHADAP AKUNTANSI
Sebagai salah satu wadah yang dapat
memberikan informasi, struktur organisasi social
networks juga memiliki peranan penting dalam bidang akuntansi. Akuntansi
berkaitan erat dengan laporan keuangan.
Laporan keuangan tidak hanya berisikan
tentang posisi keuangan (Neraca), tetapi juga berisikan tentang informasi
mengenai laba rugi, perubahan modal serta arus kas suatu perusahaan. Laporan
keuangan dan informasi-informasi mengenai keuangan ini menjadi hal vital bagi suatu
organisasi atau perusahaan. Akses informasi-informasi tersebut berhubungan erat
dengan pentingnya posisi seseorang dalam suatu jaringan, yang tidak hanya
ditentukan oleh seberapa banyak ia terhubung oleh banyak orang, tetapi apakah
seseorang tersebut menjadi jembatan dari orang-orang yang memiliki banyak
jaringan.
Implementasi penggunaan dari SNA dalam
penelitian akuntansi dan keuangan banyak berfokus dalam penyelesaian masalah
kecurangan beserta jaringan sosialnya dan aliran pencucian uang. Implementasi
penggunaan SNA lainya dalam bidang akuntansi dan keuangan berfokus pada investigasi
hubungan investor dalam suatu industri tertentu. Dalam implementasinya SNA, ada
beberapa divisi atau jabatan yang memiliki pengaruh atau hubungan yang erat
dengan bagian akuntansi dan keuangan, yaitu direktur keuangan, direktur
personalia dan direktur produksi serta tokoh utama dalam penyebaran infromasi
keuanganya adalah bagian accounting
itu sendiri.
Sumber Refrensi :
Ahmad. Pengertian Struktur Organisasi: Fungsi, Jenis, dan
Contoh.Gramedia. https://www.gramedia.com/literasi/struktur-organisasi/
Qiu J. and Lin Z.” A Framework For Exploring
Organizational Structure In Dynamic Social Networks”.2011.
Sari, R.M. dan Dwiyanti
T.K.” Teori Graf Dalam
Analisis Jejaring Sosial: Hubungan Aktor Utama Dengan Pengguna Internal Laporan
Keuangan”. Jurnal Akuntansi dan
Keuangan Indonesia. Vol. 15(2018): 21
– 35.
Sembiring, BR.
Monalisa.” Pola Analisis Jaringan
Sosial Dinamis”.Tesis Universitas Sumatera Utara.2013.
Zulfatillah, Auliya.2020. Pengaruh
Penggunaan Media Sosial Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Airlangga.
Komentar
Posting Komentar