A Framework For Exploring Organizational Structure In Dynamic Social Networks

 

STRUKTUR ORGANISASI DALAM SOCIAL NETWORKS 




Social Networks adalah bentuk dari layanan internet yang diperuntukan bagi komunitas online yang memiliki berbagai macam kesamaan dalam aktivitas, minat atau ketertarikan pada bidang tertentu dan kesamaan pada latar belakang tertentu. Untuk melihat social networks dapat menggunakan salah satu metode yang populer yakni SNA (Social Network Analysis). Umumnya social networks terdiri dari satu hingga beberapa komunitas yang saling berbagi beberapa informasi seperti properti umum, hobi, fungsi sosial, topik diskusi, hingga masalah-masalah atau tugas yang sedang berlangsung. Saat ini social networks telah berubah dan berkembang di dunia nyata dimana, anggota baru dapat bergabung dengan jaringan dan anggota yang ada dapat keluar dari jaringan serta asosiasi di antara anggota yang terus berubah dari waktu ke waktu.

Komunitas yang terdiri dari kelompok individu, Hubungan sosial yang dibangun oleh tiap-tiap individu dan status ekonomi yang terhubung di dalamnya menjadi terikat dan membentuk struktur hubungan dalam suatu kelompok atau komunitas. Hubungan atau interaksi sosial sering dimodelkan dengan jaringan. Karakteristik kunci dari interaksi ini adalah perubahannya yang continue atas dasar waktu.

Hubungan yang terbentuk dan terikat tersebut membentuk sebuah kelompok atau komunitas atau organisasi yang di dalamnya terdapat struktur organisasi. Dalam struktur organisasi sebagai suatu garis hierarki dapat mendeskripsikan berbagai komponen yang tersusun, dimana setiap individu atau sumber daya manusia (SDM) pada lingkupanya memiliki posisi dan fungsinya masing-masing.

Namun struktur organisasi turunan dari social networks tidak serta merta memetakan organisasi dunia nyata dengan baik. Sejauh mana hubungan yang dapat dipetakan ke struktur organisasi dunia nyata tidak dapat dikatakan dengan tepat. Struktur organisasi yang berasal dari  social networks dapat menggambarkan unit (komunitas) dan subordinasi anggota di social networks. Misalnya, dalam struktur organisasi yang berasal dari jaringan komunikasi, suatu unit menunjukkan bahwa semakin sering terjadi komunikasi di antara para anggota dalam unit tersebut. Saat anggota ditunjuk sebagai pemimpin dalam sebuah unit, ini memperlihatkan bahwa anggota tersebut adalah pemimpin dalam organisasi dunia nyata atau anggota aktif untuk beberapa pemimpin dunia nyata. Seorang pemimpin di unit adalah anggota yang paling menarik perhatian lingkaran pertemanan. Hubungan subordinasi menunjukan bahwa kontak terdekat bawahan adalah pimpinan langsungnya.

 

IMPLEMENTASI  STRUKTUR ORGANIASI  SOCIAL NETWORKS TERHADAP AKUNTANSI

Sebagai salah satu wadah yang dapat memberikan informasi, struktur organisasi social networks juga memiliki peranan penting dalam bidang akuntansi. Akuntansi berkaitan erat dengan laporan keuangan.

Laporan keuangan tidak hanya berisikan tentang posisi keuangan (Neraca), tetapi juga berisikan tentang informasi mengenai laba rugi, perubahan modal serta arus kas suatu perusahaan. Laporan keuangan dan informasi-informasi mengenai keuangan ini menjadi hal vital bagi suatu organisasi atau perusahaan. Akses informasi-informasi tersebut berhubungan erat dengan pentingnya posisi seseorang dalam suatu jaringan, yang tidak hanya ditentukan oleh seberapa banyak ia terhubung oleh banyak orang, tetapi apakah seseorang tersebut menjadi jembatan dari orang-orang yang memiliki banyak jaringan.

Implementasi penggunaan dari SNA dalam penelitian akuntansi dan keuangan banyak berfokus dalam penyelesaian masalah kecurangan beserta jaringan sosialnya dan aliran pencucian uang. Implementasi penggunaan SNA lainya dalam bidang akuntansi  dan keuangan berfokus pada investigasi hubungan investor dalam suatu industri tertentu. Dalam implementasinya SNA, ada beberapa divisi atau jabatan yang memiliki pengaruh atau hubungan yang erat dengan bagian akuntansi dan keuangan, yaitu direktur keuangan, direktur personalia dan direktur produksi serta tokoh utama dalam penyebaran infromasi keuanganya adalah bagian accounting itu sendiri.

 

 

 

Sumber Refrensi :

Ahmad. Pengertian Struktur Organisasi: Fungsi, Jenis, dan Contoh.Gramedia. https://www.gramedia.com/literasi/struktur-organisasi/

Qiu J. and Lin Z.” A Framework For Exploring Organizational Structure In Dynamic Social Networks”.2011.

Sari, R.M. dan Dwiyanti T.K.” Teori Graf Dalam Analisis Jejaring Sosial: Hubungan Aktor Utama Dengan Pengguna Internal Laporan Keuangan”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol. 15(2018): 21 – 35.

Sembiring, BR. Monalisa.” Pola Analisis Jaringan Sosial Dinamis”.Tesis Universitas Sumatera Utara.2013.

Zulfatillah, Auliya.2020. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Airlangga.

Komentar